Sistem Tata Surya (Solar System)

     Kita hidup di sebuah planet yang bernama Eart/Bumi yang mana merupakan satu-satunya planet sejauh ini yang mempunyai tanda-tanda adanya kehidupan di galaksi yang kita tempati, yaitu Galaksi Bima Sakti. di dalam Galaksi Bima Sakti kita ini terdapat yang namanya sistem Tata Surya atau disebut juga Solar System. Tata Surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek-objek tersebut termasuk delapan buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips, lima planet kerdil/katai, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi, dan jutaan benda langit (meteor, asteroid, komet) lainnya.


Berikut ini adalah komponen-komponen yang termasuk dalam Tata Surya (Solar System), oke check is out!

1. Matahari

      Matahari merupakan Bintang yang berukuran sedang yang merupakan sumber dari Tata Surya kita, sekaligus galaksi Bima Sakti sendiri. Matahari terdiri dari 4 lapisan yaitu : inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona.

2. Planet dan Satelit

      Planet yang mengelilingi matahari ada 8 buah, yaitu bila kita ukur dari jarak yang paling dekat dengan matahari ialah : merkurius, venus, bumi, mars, yupiter, saturnus, uranus, dan neptunus. semuanya mempunyai satelit kecuali merkurius dan venus.

3. Meteorid

      Meteorid ialah merupakan batuan-batuan yang terapung di angkasa luar. jika meteorid ini masuk dan dapat menembus atmosfer yang di miliki bumi(Earth) akan di sebut meteor, but anything meteorid ini akan habis terkikis oleh atmosfer-atmosfer bumi sebelum dapat jatuh ke permukaan bumi.

4. Komet

      Komet merupakan benda langit yang mengelilingi bumi dengan orbit yang sangat lonjong. partikel-partikel gas dan debu yang membeku merupakan penyusun dari komet. ketika komet mendekati matahari dia akan memiliki ekor yang panjang begitupun sebaliknya ketika komet menjauhi matahari dia akan mempunyai ekor yang pendek.

5. Asteroid

      Asteroid merupakan planet-planet kecil between mars and yupiter, dan sekaligus sebagai pemisah antara kelompok planet dalam dan kelompok planet luar.

      Di alam semesta ini mungkin saja ada jutaan bahkan ribuan Tata Surya(Solar System) yang bahkan pusatnya mungkin lebih besar daripada matahari kita sendiri, sungguh maha besar Allah Swt karena telah menciptakan alam semesta ini.

SHARE ON:

Terima kasih! atas kunjungan saudara. Semoga saudara selalu di berkahi oleh Tuhan yang maha Esa. Artikel yang terdapat di blog ini merupakan gabungan dari berbagai referensi yang tersebar, penulis tidak bertanggung jawab atas akibat yang di timbulkan oleh isi artikel tersebut. Dan Jika ingin mengutip, harap mencantumkan sumber yang menuju ke laman ini atau anda bisa terlebih dahulu meminta izin kepada penulis melalui Contact From, ingatlah Tuhan itu maha melihat. Terima Kasih!

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar