Penjelasan Ilmu Tajwid

       Tajwid merupakan salah satu ilmu yang harus kita pelajari ketika kita hendak membaca Al-Qur’an. Tidak indah rasanya ketika kita akan membaca Al-qur’an akan tetapi kita sendiri tidak tahu tentang ilmu tajwid. Bayangkan saja apa jadinya ketika kita membaca al-qur’an tanpa ilmu tajwid? Pastinya arti yang terkandung dalam Al-Qur’an akan menjadi rusak atau salah, karena dalam membaca Al-Qur’an kita salah mengucapkan satu huruf saja maka akan salah pula dengan artinya.


       Mempelajari ilmu tajwid itu hukumnya Fardu Kifayah, sedangkan untuk mengamalkannya yaitu Fardu Ain. Fardu Kifayah yaitu suatu perkara yang apabila dilakukan oleh segelintir orang, maka orang lain tidak diwajibkan melakukannya  (diwakili). Sedangkan, Fardu Ain yaitu suatu perkara yang dilakukan segelintir orang, maka diwajibkan untuk orang lain juga melakukannya (tidak bisa diwakili). 
       Maksud dari mempelajarinya ilmu tajwid yaitu untuk mengetahui kepada Haq huruf dan juga Mustahaq huruf. Haq huruf adalah sifat yang sudah (tetap) contohnya seperti Sifat Jahr, Syiddah, dan Rikhwah. Sedangkan Mustahaq Huruf adalah sifat yang baru dari Haq Huruf yaitu seperti, Tafkhim dan Tarqiq.
       Keutamaan dari  Ilmu tajwid adalah ilmu yang paling mulya diantara ilmu-ilmu lain, sebab ilmu tajwid itu hubungannya dengan al-qur’an yaitu kitab yang paling mulya dan agung yang di turunkan kepada Nabi Muhammad Saw. Dan khasiat dari ilmu tajwid sendiri adalah untuk memenangkan kesejahteraan di dunia dan juga di akhirat.
Sumber dari ilmu tajwid menurut Para Ahli Qura’ (Ahli Membaca Al-Qur’an) adalah dari kitab dan juga sunnah Nabi Saw, namun ada pendapat menurut Ahli Qura’ yang lain menyatakan, bahwa sumbernya ilmu tajwid adalah dari tingkah laku dan juga cara bacaan Al-Qur’an Nabi Saw.
       Fungsi dari ilmu tajwid sendiri adalah untuk menjaga lisan dari kesalahan-kesalahan ketika kita sedang membaca Al-Qur’an. Seperti tadi di jelaskan, bahwa satu huruf saja kita salah saat membaca Al-Qur’an maka makna isi kandungan dari huruf tersebut akan salah.
Setiap orang di haruskan bahkan di wajibkan (untuk muslim) mempelajari ilmu tajwid, mengingat pentingnya ilmu ini karena berhubungan langsung dengan kitab Al-Qur’an. Oleh sebab itu kita harus belajar ilmu tajwid yang baik dan juga benar kepada guru yang sudah ahli dan juga terpercaya.
artikel ini saya akhiri dengan mengucapkan, Alhamdulillah and see you again. Bye.


SHARE ON:

Terima kasih! atas kunjungan saudara. Semoga saudara selalu di berkahi oleh Tuhan yang maha Esa. Artikel yang terdapat di blog ini merupakan gabungan dari berbagai referensi yang tersebar, penulis tidak bertanggung jawab atas akibat yang di timbulkan oleh isi artikel tersebut. Dan Jika ingin mengutip, harap mencantumkan sumber yang menuju ke laman ini atau anda bisa terlebih dahulu meminta izin kepada penulis melalui Contact From, ingatlah Tuhan itu maha melihat. Terima Kasih!

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar